Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan | Travel Umroh Bandung

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Perbedaan Umroh Plus dan Reguler
Maret 27, 2018
Biaya Umroh yang Perlu Anda Baca
Maret 31, 2018

Umroh Di Bulan Ramadhan

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya untuk salah seorang perempuan Anshar: “Mengapa kamu tidak ikut haji bareng Kami?”

“Kami mempunyai 2 ekor onta saja. Onta yang satu digunakan suamiku bareng anakku pergi haji. Sementara yang satu dipakai untuk membasahi kebun.” Jawab perempuan itu.

Kemudian Nabi Saw. menyarankan,

فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي ، فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku. (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Dinyatakan dalam riwayat lain, perempuan Anshar yang dilafalkan dalam hadits di atas mempunyai nama Ummu Ma’qil.

Umroh Di Bulan Ramadhan

Ulama berselisih pendapat mengenai keutamaan umrah Ramadhan yang dilafalkan dalam hadits di atas. Ada 3 pendapat ulama dalam urusan ini:

Pertama, keutamaan ini berlaku khusus wanita itu saja, dan tidak berlaku bagi yang lainnya. Diantara ulama yang memilih pendapat ini ialah Said bin Jubair, salah seorang ulama Tabi’in, siswa Ibn Abbas radhiyallahu ‘anhu. Pendapat beliau dinukil oleh Ibn Hajar dalam Fathul Bari (3/605).

Diantara alasan yang menyokong pendapat ini ialah hadits Ummu Ma’qil di atas. Terdapat ekstra dalam riwayat Abu Daud, bahwa sesudah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melafalkan keutamaan umrah bulan Ramadhan, Ummu Ma’qil mengatakan:

الْحَجُّ حَجَّةٌ، وَالْعُمْرَةُ عُمْرَةٌ، وَقَدْ قَالَ: هَذَا لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَدْرِي أَلِيَ خَاصَّةً

“Haji nilainya haji, umrah nilainya umrah. Tapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda demikian kepadaku. Aku tidak tahu apakah ini eksklusif untukku?.” Maksudnya, apakah pun berlaku untuk semua manusia?. (HR. Abu Daud 1989).

Hanya saja, tambahan penjelasan Ummu Ma’qil ini statusnya lemah, sampai-sampai tidak dapat diterima sebagai dalil. Demikian penjelasan al-Albani dalam dhaif sunan Abu Daud.

Kedua, keutamaan ini berlaku guna orang yang telah berniat haji saja, tetapi tidak dapat melaksanakannya. Kemudian dia ganti dengan umrah di bulan Ramadhan. Sehingga dia menemukan pahala haji sempurna bareng Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, meskipun dia melakukan umrah saja, sebab adanya niat guna berangkat haji bareng Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ibnu Rajab dalam Lathaif al-Ma’arif mengatakan,

واعلم أن مَن عجز عن عملِ خيرٍ وتأسف عليه وتمنى حصوله كان شريكا لفاعله في الأجر…

“Ketahuilah bahwa orang yang tidak dapat melakukan amal baik, kemudian dia berduka dan dia sangat ingin untuk dapat melakukannya maka dia meraih pahala yang sama sebagaimana orang yang melakukannya.”

Kemudian Ibnu Rajab menuliskan sejumlah contoh,

Sebagian perempuan tidak dapat ikut haji bareng Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika beliau pulang, si perempuan bertanya amal apa yang dapat menggantikan nilai haji bareng beliau? Beliau menyarakankan: “Lakukanlah umrah di bulan Ramadhan. Sebab umrah di bulan Ramadhan, sama dengan berhaji bersamaku.” (Lathaif Ma’arif, Hal. 249).

Ketiga, keutamaan ini berlaku umum, untuk seluruh kaum muslimin.

Inilah pendapat mayoritas ulama dari sekian banyak madzhab yang empat, bahwa keutamaan dalam hadits ini tidak berlaku bagi Ummu Ma’qil saja, tetapi berlaku untuk semua kaum muslimin.

Insya Allah, pendapat ketiga berikut yang lebih kuat. Berikut diantara alasannya,

Pertama, tidak sedikit sahabat yang meriwayatkan hadits ini, sehingga keutamaan umrah Ramadhan tidak berlaku bagi Ummu Ma’qil saja.

At-Turmudzi mengatakan,

“Tentang hadits ini, ada riwayat beda dari Ibn Abbas, Jabir, Abu Hurairah, Anas, dan Wahb bin Khanbasy.” (Jami’ At-Turmudzi/sunan Tumudzi, 3/267).

Dan mayoritas riwayat, tidak menuliskan cerita wanita tersebut.

Wallahu ‘alam!

Anda mau gabung Umroh Ramadhan 1439 H, klik sekarang di Umroh Ramadhan 2018

Sumber: Konsultasi Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *